Get busy living or get busy dying

“Yang aku takutkan untuk masa depanku bukanlah kekurangan harta atau keluarga melainkan hidup tanpa nilai. Hidup biasa bersama milyaran manusia lain berjuang dalam ‘perlombaan tikus’ yang tidak akan pernah berakhir kecuali karena kematian atau kemauan.”

Quote di atas sesungguhnya adalah cerminan kekhawatiran yang menyelimuti diri ini. Sudah 3 tahun waktu terlewati. Peristiwa demi peristiwa terjadi. Hari berganti hari, jatah usia yang ada semakin berkurang. Umur semakin bertambah. Segala sesuatu tentu berubah seiring berjalannya waktu. Diri ini sekarang tidak sama lagi seperti diri ini satu tahun yang lalu. Namun, dari semua perubahan yang terjadi ada satu hal yang tetap sama. Kekhawatiran akan masa depan.Kekhawatiran yang muncul adalah muara dari dua dimensi. Kesedihan atas kekurangan usaha dan manfaat atas waktu yang telah dilalui dan ketakutan akan kondisi yang sewaktu-waktu bisa mengubah diri menjadi lebih buruk tanpa disadari.

Aku selalu percaya bahwa ada makna di balik kehidupan ini. Tidaklah mungkin bumi dan langit yang  kompleks ini diciptakan untuk sesuatu hal yang sia-sia. Termasuk kehidupan yang ada di dalamnya. Tidaklah mungkin kehidupan seorang manusia dirancang sedemikian rupa dengan rencana terbaik hanya untuk hal yang sia-sia.

Perasaan sedih menyelimuti saat kucoba memperhatikan pola kehidupan manusia. Manusia kini sudah seperti tanpa nyawa. Sistem sosial yang ada memaksa kita mengikuti aturan yang dibuat oleh  masyarakat yang dengan seenaknya memberikan stereotipe bagi manusia. Bahkan untuk melakukan kebaikan sederhana pun orang-orang mencibir.

Untuk menjadi seseorang yang hidup dengan cara yang baik ibarat mimpi buruk yang menjadi kenyataan di masa kini. Kita berharap semua rasa sakit itu akan hilang seiring dengan terbangunnya kita dari tidur. Akan tetapi, ini semua adalah nyata. Ketika kita harus bertahan membela idealisme dan kehormatan atau menyerah kalah pada kemauan manusia-manusia yang tidak mengerti. Seperti yang dikatakan oleh tokoh Andy Dufresne dalam Shawshank Redemption, “I guess it comes down to a simple choice, really.. Get busy living, or get busy dying.”

“Get busy living or get busy dying.” Mana yang akan kita pilih?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s